Aku Gagal Kali Ini


Hari ini, setelah termenung selama beberapa saat di meja kantorku yang menghadap langsung ke jendela sehingga memberikan angin sepoi-sepoi yang membuat urat mataku sedikit kendur, aku menemukan bahwa aku dalam posisi yang gagal terhadap apa yang telah kubangun selama ini. Aku gagal untuk mendapatkan orang-orang yang benar-benar ingin menegakkan pendidikan sejati di muka bumi, walaupun sempat terlontar ke muka temanku bahwa sebenarnya mereka ada di dekatku karena ingin berjuang demi anak-anak itu, bukan karena diriku, dan hal itu pernah aku temukan tapi sekarang tidak lagi.

Mungkin pengharapanku yang terlalu besar sehingga akhirnya aku hanya menjadi seorang yanghopeless, dan itu cukup membuatku blank untuk beberapa saat.

Setelah mengamati beberapa saat tentang kondisi sekarang, aku rasa aku tidak perlu takut akan kegagalan kali ini. Mungkin memang aku belum berjodoh dengan orang-orang yang kumaksud, tapi aku yakin suatu saat akan ada orang-orang di sekelilingku yang akan mewujudkan mimpi-mimpi, bukan mimpiku saja, tapi mimpi kita bersama. Dan akhirnya sampailah aku pada fase yang memberikanku kekuatan untuk mengikhlaskannya semua dan memulai lembaran baru. Aku tidak akan memaksa karena aku yakin aku tidak akan sendirian nantinya.

Jadi, untuk semua teman-temanku yang ingin melangkah bersama, mari kita bergandengan tangan untuk memapak pondasi-pondasi baru yang akan memperkuat tujuan-tujuan kita, karena tujuan itu sudah jelas dan tidak perlu diragukan kembali. Mungkin terkadang godaan untuk berubah haluan itu ada, tapi tujuan akhir tetap ke sana!

Untuk semua teman-temanku yang berdiri di sampingku, mari kita bahu-membahu untuk berdiri dan bangkit kembali, bukan untukku, tapi untuk anak-anak itu. Kita boleh gagal kali ini, tapi justru kegagalan itu yang akan menguatkan kita untuk berdiri kembali.

Seperti pelangi yang datang sore ini di belakang sekolahalamku tercinta…

Kamar, bergelap-gelapan, @2:13 a.m. 17 April 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s